Jumat, 11 Februari 2011

JALAN MENUJU DESA PRONGIL SANGAT MEMPRIHATINKAN

PRONGIL, SMART.COM
Jalan dari Desa Tinada menuju ke Desa Prongil Kec. Tinada kondisinya sangat memprihatinkan. Di sisi kiri dan kanan jalan menganga lobang akibat tanahnya longsor, yang selalu siap menanti korban. Dari hasil pantauan beberapa hari yang lalu kondisi jalan itu semakin parah karena hujan selalu mengguyur. Titik-titik jalan yang rusak itu adalah di persawahan warga di Dusun Prongil Jehe, di mana jalan yang ada sudah tinggal setengah badan jalan itu saja karena sisinya sudah ambruk dibawa longsor. Sebagian lagi terletak
antara dusun prongil jehe dan dusun prongil julu,
di mana aspal yang pernah dibuat sudah terkelupas dan tinggal batu-batunya saja yang berserakan, di samping itu juga badan jalan juga sudah berlobang akibat tergerus aliran air hujan.

Masyarakat Desa itu sudah sangat mengharapkan bantuan Pemerintah untuk segera memperbaiki jalan itu, sebab kalau tidak bukan tidak mungkin kondisi tersebut akan menimbulkan korban pengemudi kendaraan yang setiap harinya melalui jalan itu. Warga Desa itu mengaku sudah takut melalui jalan itu tetapi karena itu adalah satu-satunya akses dari dan ke Desa Prongil maka mereka terpaksa melalui jalan itu meskipun dengan perasaan waswas. Kondisi tersebut sudah beberapa tahun ini terjadi tetapi pemerintah belum juga ada niat memperbaiki jalan menuju Desa Prongil tersebut, padahal di Desa tersebut terdapat satu obyek wisata yaitu air terjun Lae Mbilulu yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar Desa bahkan dari luar Pakpak Bharat. Jika jalan menuju ke daerah tersebut diperbaiki maka pasti pengunjung ke air terjun Lae Mbilulu pasti akan lebih banyak lagi. Menurut pengakuan dari beberapa pengunjung, mereka sangat suka mengunjungi air terjun itu tetapi mereka sangat menyayangkan kondisi jalan yang rusak tersebut, sehingga kadang membuat mereka harus berpikir ulang untuk mengunjunginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Ndene